EN | ID PT Surya Biru Murni Acetylene, Tbk.

Berita

Berita Terbaru

08 Dec 2022

SBMA sebagai Pembicara dalam Sosialisasi IPO Gabungan OJK dan BEI

OJK – PT Surya Biru Murni Acetylene, Tbk. (“SBMA”) diwakili ol...

08 Dec 2022

Erection ASP

ASP yang sudah dipesan dari Februari 2022 lalu akhirnya sudah sampai di Balikpapan pada Minggu (4...

02 Dec 2022

LAUNCING ASP SBMA SUDAH DEKAT

Proyek terbesar di tahun ini yaitu ADP project telah sampai pada puncaknya. menargetkan realisasi...

14 Nov 2022

Public Expose SBMA 2022

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) menggelar paparan publik

26 Aug 2022

Penandatanganan MoU SBM dengan Universitas Gadjah Mada

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBM) menandatangani Memorandum of...

SBMA Menandatangani MoU Pembelian Plant Oxygen

11 Feb 2022

ADP – PT Surya Biru Murni Acetylene, Tbk. (“SBMA”) telah suskes melantai di bursa saham pada bulan September tahun lalu. Salah satu tujuan penggunaan dana yang dihimpun dari Publik adalah Pengembangan Pabrik. Per tahun 2020, kapasitas produksi SBMA sebesar 2juta liter/tahun, sedangkan penjualan SBMA mencapai 3,5juta liter/tahun. Untuk memenuhi kebutuhan produksinya, SBMA harus melakukan pembelian material liquid dari Vendor.

Dengan dukungan dana dari publik, SBMA bertujuan untuk menaikan kapasitas produksi melalui pengembangan pabrik hingga 10juta liter/tahun dan melebarkan pangsa pasarnya yang saat ini masih terbuka di Kalimantan. Pengembangan pabrik dilakukan dengan menambah 1 unit Air Separation Plan (“ASP”). SBMA merilis proyek pengembangan pabrik ini dengan nama ASP Development Plan (“ADP”) yang sebenarnya telah direncanakan sejak 3 tahun lalu.

Melalui penawaran Umum, SBMA merencanakan proyek ADP ini selama 18 bulan yang dimulai sejak akhir tahun 2021. Namun, karena sempat terkendala teknis akibat pandemi, SBMA akhirnya mengambil langkah nyata untuk proyek ini pada tahun 2022. Setelah melewati proses diskusi mengenai spesifikasi, harga dan penawaran dari beberapa pemasok, SBMA akhirnya memutuskan untuk bekerjasama dengan Chun An Ming Rong Import And Export  Co., Ltd untuk melakukan pengadaan. SBMA telah resmi menandatangani MoU pada tanggal 07 Februari 2022.

“Penandatanganan ini menjadi tonggak sejarah SBMA. Setelah 10 tahun, akhirnya SBMA melakukan pembelian unit baru ASP” kata ibu Cintia selaku Sekretaris Perusahaan SBMA. ASP yang saat ini digunakan memang sudah berumur 10 tahun dan dengan perkembangan pasar dan permintaan penjualan yang selalu meningkat tiap tahunnya, sudah saatnya SBMA melakukan peningkatan kapasitas Produksi.

Dengan persiapan yang lebih matang, proyek ADP sendiri diperkirakan selesai lebih cepat yaitu hanya dalam 10 bulan. Unit ASP yang baru diharapkan sudah bisa mulai beroperasi di awal Tahun 2023. Dengan semangat yang membara, manajemen dan seluruh tim SBMA siap melakukan inovasi-inovasi lainnya di tahun 2022 ini